contoh ERD siswa terlambat. Pengertian, Komponen, Kombinasi, langkah dan contoh membuat ERD
APA ITU ERD?
ERD adalah singkatan dari Entity Relationship Diagram, ERD sendiri adalah pemodelan data dimana merupakan diagram yang menjelaskan hubungan antar objek-objek data yang mempunyai hubungan.
APA SAJA KOMPONEN DALAM ERD?
ERD memiliki beberapa komponen, yaitu :
1) Entitas : sebuah objek yang dapat diidentifikasi.
2) Atribut : properti/karakter yang dimiliki entitas yang datanya akan disimpan.
3) Kunci/Key : atribut yang unik/kode yang mrnjadi identitas
4) Relasi : hubungan antar entitas.
5) Garis : penghubung antara relasi dan entitas/relasi dan entitas dengan atribut.
KOMBINASI PADA ERD
ada tiga kombinasi yang ada di ERD, diantaranya:
1) 1 : 1 (one to one)
2) 1 : M (one to many)
3) M : M (many to many)
Langkah-langkah membuat ERD
1. Tentukan tema yang akan dibuat.
Tema : Siswa yang terlambat datang ke sekolah.
2. Buat business rules yang berkaitan dengan tema yang dibuat.
Bussines Rules :
a) Siswa harus hadir di sekolah 5
menit paling lambat sebelum bel berbunyi (07.00).
b) Jika siswa datang diatas jam 06.56
– 07.00 maka siswa tidak diperbolehkan menauju ruang kelas. Siswa langsung
diarahkan untuk menaruh tas di koridor dan menuju lapangan utama untuk
mengikuti upacara / apel pagi.
Dikoordinasikan oleh : OSIS dan PDS
c) Jika siswa terlambat 1-5 menit sesudah bel berbunyi maka siswa harus menulis nama, kelas, Wali kelas dan alasan keterlambatan di buku keterlambatan siswa.
Dikoordinasikan oleh : PDS (Penegak Disiplin Siswa).
d) Jika siswa terlambat 6 -15
menit sesudah bel berbunyi maka siswa harus menulis nama, kelas, Wali kelas dan
alasan keterlambatan di buku keterlambatan siswa, lalu
siswa diberi perintah untuk memungut 10 sampah yang ada di lingkungan sekolah
dan membuangnya ke tempat sampah.
Dikoordinasikan oleh : PLH (Penegak Lingkungan Hidup).
e) Jika siswa terlambat 16-30
menit sesudah bel berbunyi maka siswa harus menulis nama, kelas, Wali kelas dan
alasan keterlambatan di buku keterlambatan siswa,
lalu siswa diberi perintah untuk mencabut rumput sebanyak dua genggam yang ada
di lingkungan sekolah dan membuangnya ke tempat sampah.
Dikoordinasikan oleh : PLH
f) Jika siswa terlambat diatas 30
menit sesudah bel berbunyi maka siswa diharuskan menghadap ke Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan.
Dikoordinasikan oleh : Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan.
g) Jika siswa sudah 3X terlambat
maka siswa harus menghadap ke guru Bimbingan Konseling dan dilaporkan ke Wali
kelas.
Dikoordinasikan oleh : Guru Bimbingan Konseling.
a) Entitas : Siswa, sekolah, buku keterlambatan, sanksi/hukuman, petugas, guru, orang tua.
b) Atribut :
- Siswa : nama, NIS, alamat, kelas, no.telp.
kunci/key : NIS, no.telp.
- Sekolah : nama, alamat, jenis sekolah, id, kode pos.
kunci/key : id.
- Buku Keterlambatan : nama, kelas, walikelas, alasan keterlambatan.
- Sanksi/hukuman : jenis, level (ringan, sedang, berat), penanggung jawab.
- Petugas : divisi, jabatan, jam kerja, tugas.
- Guru : nama, NIP, pangkat, alamat, bidang keahlian, TTL, no.telp.
kunci/key : NIP, no.telp.
- Orang tua : nama, alamat, pekerjaan, TTL, no.telp.
kunci/key : no.telp.
c) Relasi : hadir, terlambat, dikoordinir, mencatat, lapor.
d) Tuangkan dalam bentuk ERD.
Komentar
Posting Komentar